"KEBAB TURKI BABA RAFI"
Hendy Setiono, pria kelahiran
Surabaya, 30 Maret 1983 itu adalah sosok pengusaha muda yang cukup fenomenal.
Dialah Pemilik usaha waralaba “Kebab Turki Baba Rafi”. Memulai usaha pada tahun
2003, kini beliau memiliki lebih dari 750 outlet Kebab Turki Baba Rafi yang
tersebar di Indonesia. Dan bukan hanya itu. Bahkan usahanya kini telah
merambah negeri jiran Malaysia. Sebuah perusahaan dengan bendera Baba Rafi
Malaysia Sdn. Bhd. telah berdiri di sana.
Kebab Turki Baba Rafi (KTBR) merupakan salah
satu anak perusahaan Baba Rafi Indonesia dengan founder Bapak Hendy Setiono.
Kantor pusat KTBR beralamatkan di jalan Semolowaru Elok 1 / 17. Berdiri 10
Tahun lalu tepatnya 9 September 2003 di kota Surabaya. Waktu itu rombongnya
masih bernama “Yummi Burger” yang berjumlah 4 outlet. Yummi sendiri diambil
dari bahasa inggris yang artinya enak. Jadi, maksudnya burger yang dijual itu
enak rasanya. Sedangkan 2 outlet lainnya bernama Kebab Turki Baba Rafi yang
menyediakan makanan khas Turki. Kebab bercita rasa tradisional. Karena
penjualan kebab nya laris manis akhirnya semua outletnya berganti nama menjadi
Kebab Turki Baba Rafi.
Nama Baba Rafi ini diadopsi dari nama anak
pertamanya yang bernama Rafi. Baba Rafi berarti ayahnya Rafi. Pada tahun 2004
KTBR pernah mengikuti Lomba Enterpreneurship yang diadakan diadakan oleh
Universitas Kristen Petra, Surabaya, sejak itu pula Baba Rafi telah menggunakan
system waralaba (franchise) dalam mengoperasikan Kebab Turkinya.
Melihat animo masyarakat yang cukup bagus
terhadap makanan khas Timur Tengah, Perusahaan menambah outlet baru dengan
model outlet indoor di pusat perbelanjaan modern, seperti : di GIANT Suncity
Mall Sidoarjo, untuk konsep outlet indoor, akan ditambahkan beberapa menu baru
seperti Kebab Ayam, Kebab Kambing dan Kebab Mix (terdiri dari daging ayam,
daging kambing dan daging sapi). Dengan penambahan menu baru ini, perusahaan
berharap agar omzet yang diperoleh bisa bertambah sebagai ganti untuk membayar
sewa tempat dan biaya operasional yang tentunya lebih besar daripada outlet
outdoor.
Kebab Turki Baba Rafi mencoba ikut ambil
bagian dalam bisnis makanan ini. Jadi bisa dikatakan menu utama dalam outlet
ini adalah Kebab. Kebab merupakan makanan khas Timur Tengah dengan komposisi
daging sapi panggang yang lezat, sayuran segar dan saus mayonnaise istimewa
yang diracik secara khusus dalam gulungan tortilla. Kebab turki ini
diaplikasikan di Indonesia dengan bahan baku yang sama dan rasa yang tidak jauh
berbeda dari aslinya.
Usaha waralaba makanan ini
dimulai pada 2003 dgn membuka outlet pertamanya di Surabaya. Modal awal yg
dikeluarkan oleh Hendy saat itu sebesar Rp 4 juta yg ia gunakan untuk membeli
gerobak (counter) dan peralatan lainnya seperti kompor dan penggorengan.
http://jayaweb.com/artikel/wirausaha/231-kebab-turki-ala-baba-rafi.html
http://ilmumum.blogspot.com/2013/03/profil-hendy-setiono-kebab-baba-rafi.html
informasi inspiratif dan sangat menarik gan, dapat dijadikan acuan semangat juga untuk pembaca.. terimakasih..
BalasHapusSoftware Kasir Restoran