Selasa, 04 November 2014

PERUSAHAAN FRANCHISE "KEBAB TURKI BABA RAFI"


"KEBAB TURKI BABA RAFI"

Kebab Turki Baba Rafi Kebab Turki Baba Rafi – Peluang Usaha Waralaba Asli Indonesia Yang Mendunia
  • PROFIL

Hendy Setiono, pria kelahiran Surabaya, 30 Maret 1983 itu adalah sosok pengusaha muda yang cukup fenomenal. Dialah Pemilik usaha waralaba “Kebab Turki Baba Rafi”. Memulai usaha pada tahun 2003, kini beliau memiliki lebih dari 750 outlet Kebab Turki Baba Rafi yang tersebar di Indonesia.  Dan bukan hanya itu. Bahkan usahanya kini telah merambah negeri jiran Malaysia. Sebuah perusahaan dengan bendera Baba Rafi Malaysia Sdn. Bhd. telah berdiri di sana.
  • SEJARAH

Kebab Turki Baba Rafi (KTBR) merupakan salah satu anak perusahaan Baba Rafi Indonesia dengan founder Bapak Hendy Setiono. Kantor pusat KTBR beralamatkan di jalan Semolowaru Elok 1 / 17. Berdiri 10 Tahun lalu tepatnya 9 September 2003 di kota Surabaya. Waktu itu rombongnya masih bernama “Yummi Burger” yang berjumlah 4 outlet. Yummi sendiri diambil dari bahasa inggris yang artinya enak. Jadi, maksudnya burger yang dijual itu enak rasanya. Sedangkan 2 outlet lainnya bernama Kebab Turki Baba Rafi yang menyediakan makanan khas Turki. Kebab bercita rasa tradisional. Karena penjualan kebab nya laris manis akhirnya semua outletnya berganti nama menjadi Kebab Turki Baba Rafi.
Nama Baba Rafi ini diadopsi dari nama anak pertamanya yang bernama Rafi. Baba Rafi berarti ayahnya Rafi. Pada tahun 2004 KTBR pernah mengikuti Lomba Enterpreneurship yang diadakan diadakan oleh Universitas Kristen Petra, Surabaya, sejak itu pula Baba Rafi telah menggunakan system waralaba (franchise) dalam mengoperasikan Kebab Turkinya.
Melihat animo masyarakat yang cukup bagus terhadap makanan khas Timur Tengah, Perusahaan menambah outlet baru dengan model outlet indoor di pusat perbelanjaan modern, seperti : di GIANT Suncity Mall Sidoarjo, untuk konsep outlet indoor, akan ditambahkan beberapa menu baru seperti Kebab Ayam, Kebab Kambing dan Kebab Mix (terdiri dari daging ayam, daging kambing dan daging sapi). Dengan penambahan menu baru ini, perusahaan berharap agar omzet yang diperoleh bisa bertambah sebagai ganti untuk membayar sewa tempat dan biaya operasional yang tentunya lebih besar daripada outlet outdoor.
Kebab Turki Baba Rafi mencoba ikut ambil bagian dalam bisnis makanan ini. Jadi bisa dikatakan menu utama dalam outlet ini adalah Kebab. Kebab merupakan makanan khas Timur Tengah dengan komposisi daging sapi panggang yang lezat, sayuran segar dan saus mayonnaise istimewa yang diracik secara khusus dalam gulungan tortilla. Kebab turki ini diaplikasikan di Indonesia dengan bahan baku yang sama dan rasa yang tidak jauh berbeda dari aslinya.
  • MODAL 
Usaha waralaba makanan ini dimulai pada 2003 dgn membuka outlet pertamanya di Surabaya. Modal awal yg dikeluarkan oleh Hendy saat itu sebesar Rp 4 juta yg ia gunakan untuk membeli gerobak (counter) dan peralatan lainnya seperti kompor dan penggorengan.
  •  REFERENSI

http://jayaweb.com/artikel/wirausaha/231-kebab-turki-ala-baba-rafi.html
http://ilmumum.blogspot.com/2013/03/profil-hendy-setiono-kebab-baba-rafi.html